Selasa, 07 Agustus 2018

Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian dan Peternakan

Ilmu Teknologi Pangan


           
Teknologi Pangan atau Food Technology merupakan suatu penerapan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan pasca panen guna memanfaatkan seoptimal mungkin sekaligus meningkatkan nilai tambah dari pangan tersebut. Teknologi pangan meliputi sortasi, pengawetan, pemrosesan, pengemasan dan distribusi makanan yang bernutrisi. Serta mempelajari sifat fisis, mikrobiologis, kimia pangan dan proses pengolahan bahan bangan tersebut.
            Prospek kerja teknologi pangan juga sangat luas diantaranya terdapat dua jalur untuk bekerja di pabrik makanan yaitu Quality Assurance (bagian pengendalian mutu) yang memastikan apakah proses pengolahan makanan di pabrik berjalan sesuai yang telah ditetapkan dan Product Development (bagian pengembangan produk) yang memegang rahasia resep produk. Selain itu, jurusan ini memberikan bekal yang cukup memandai bagi seseorang yang bercita-cita menjadi pengusaha di bidang industri makanan dengan menciptakan produk makanan terbaru yang tentunya berkualitas, higienis, aman dan halal. Menjadi ahli gizi, diet dan pegawai BPOM juga menjadi prospek dari jurusan Teknologi Pangan.
            Jurusan ini sangat cocok bagi seseorang yang memiliki passion kuat di bidang makanan, kesehatan, sains, biologi, ingin hidup bekerja keras dan tenang karena tidak dikejar kejar target seperti pegawai kantoran pada umumnya, maka bidang ini bisa dijadikan pilihan yang menarik. Adanya Teknologi Pangan ini sangat mempengaruhi adanya ketersediaan pangan karena alam menghasilkan bahan pangan secara berkala, sementara manusia dengan pangan adalah rutin. Dan tidak mungkin manusia menunda kebutuhan jasmani hingga masa panen tiba. Maka terciptalah teknologi pengawetan sehingga makanan dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Dan tenik pengawetan ini memungkinkan untuk mendistribusikan bahan pangan ke seluruh penjuru dunia.
Food Science and Technology


Tidak ada komentar:

Banyuwangi The Sunrise Of Java

The Sunrise of Java                 Banyuwangi adalah daerah yang terletak di uj...